Friday, March 8, 2013

Important Bike Accessories Reviews


Untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersepeda yang jauh dari tempat tinggal anda, sejumlah item perlu disiapkan. Berikut beberapa perlengkapan sepeda gunung yang wajib dimiliki:

1. Helm (helmet)
Perangkat wajib untuk melindungi aset di tubuh yang paling berharga, yakni kepala. Berat dan bentuk helm beragam. Pilih yang cocok buat Anda.
2. Sarung tangan (glove)
Berbagai tipe sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan agar tangan tidak cepat lelah. Sarung tangan sangat beragam. Ada yang dilengkapi bantalan busa, kulit, dan gel.
3. Rescue tools (all key plus set)
Perangkat ini harus selalu dibawa saat bersepeda karena berguna untuk menyelesaikan masalah pada sepeda. Biasanya berupa gabungan kunci L (allen key) dan kunci lainnya. Kebanyakan baut pada sepeda gunung hanya bisa dikerjakan dengan kunci L.
4. Pengungkit ban (tire lever)
Berguna untuk membuka ban luar bila ban sepeda kempis. Biasanya dijual bersama perangkat penambal ban seperti lem, amplas, dan penambal.
5. Pemutus rantai (chain tool)
Berguna untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda. Maklum, sangat mungkin rantai tiba-tiba terputus dalam perjalanan bersepeda.
6. Pompa (pump)
Perlengkapan wajib bila harus memompa ban di tengah hutan (jauh dari peradaban). Biasanya alat ini punya penampang untuk dikaitkan pada frame sepeda.
7. Ban dalam (inner tubes)
Walaupun pengungkit ban (tire lever) biasanya dilengkapi alat tambal ban, lebih baik membawa ban cadangan sendiri karena lebih cepat dan ringkas. Sewaktu membeli, perhatikan ukurannya. Pastikan sesuai ukuran ban luar.
8. First aid kit
Aktivitas bersepeda, apalagi di pegunungan atau di perbukitan, biasanya diwarnai kejadian jatuh dari sepeda atau jenis kecelakaan lain. Yang wajib dibawa adalah perban, perekat, gunting, obat merah, dan alkohol.
9. Botol minum (hydra pack)
Air adalah sesuatu yang wajib dibawa sewaktu bersepeda, bisa dalam bentuk botol atau hydra pack. Hydra pack adalah tempat air yang 1 paket dengan tasnya. Dilengkapi selang yang menjulur melewati punggung agar agar mulut dapat mengkonsumsi air dari selang. Kapasitas air yang bisa ditampung 1,5-2 liter.
10. Cleat pedal system
Sistem pedal khusus dengan fungsi pengait ke sepatu. Dengan menggunakan pedal jenis ini, telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal sehingga tenaga yang disalurkan ke pedal lebih efisien. Penggunaan alat ini perlu latihan. Seringkali pengendara sepeda terjatuh hanya karena tidak sempat melepaskan pengait sepatu dari pedal ini.
11. Sepatu MTB
Menggunakan cleat pedal system diperlukan sepatu khusus. Sepatu ini mirip sepatu hiking. Bedanya bagian telapak lebih keras (sangat kaku) dan dilengkapi besi pengait (cleat) di bagian telapak depannya.
12. Handphone
Perangkat ini harus selalu dibawa agar dapat menghubungi teman atau keluarga terdekat bila terjadi sesuatu. Misalnya tertinggal rombongan atau nyasar di hutan.
13. Penahan lumpur (mud fender)

 

Penahan lumpur di roda depan yang dipasang di bagian bawah frame bukanlah buat gaya-gayaan. Perangkat ini berguna sebagai pelindung mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Sangat berguna bagi yang menggunakan kacamata minus yang biasanya tidak punya kacamata khusus.
14. Kacamata sport

Sangat disaranan menggunakan kacamata sport untuk melindungi bagian penglihatan dari berbagai ancaman. Misalnya jatuh di bagian muka, kerikil, lumpur, dan sebagainya.
15. Jersey and Bicycle shot
Baju dan celana khusus untuk bersepeda ini biasanya terbuat dari bahan elastis (mudah melar) dan punya banyak bolongan di bahannnya. Sangat nyaman digunakan bersepeda, Bila kepanasan di siang hari, bahan baju ini cepat melepas panas di tubuh.


No comments:

Post a Comment